Langsung ke konten utama

Bank BRI dan Sejarah Singkatnya

Bank Rakyat Indonesia (BRI) adalah salah satu bank BUMN atau milik pemerintah yang terbesar hingga ke pelosok daerah di Indonesia. Mungkin banyak yang tidak tahu sejarah awal berdirinya Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Bank BRI didirikan oleh Raden Bei Aria Wirjaatmadja di Purwokerto, Jawa Tengah dengan nama De Poerwokertosche Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hoofden atau "Bank Bantuan dan Simpanan Milik Kaum Priyayi Purwokerto".

Bank yang berdiri pada tanggal 16 Desember 1895 ini awalnya termasuk lembaga keuangan yang melayani orang-orang berkebangsaan Indonesia (pribumi). Pada tahun itu kemudian dijadikan sebagai hari kelahiran Bank BRI.

Setelah kemerdekaan RI, Bank BRI dinyatakan sebagai Bank milik pemeritah pertama di Indonesia. Hal tersebut berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 1 tahun 1946 Pasal 1.

Dalam masa peperangan (mempertahankan kemerdekaan pada tahun 1948), aktifitas BRI sempat terhenti sekitar satu tahun. Bank aktif kembali sekaligus berubah nama menjadi Bank Rakyat Indonesia Serikat (BRIS) setelah perjanjian Renville pada tahu 1949.

Bersamaan dengan waktu tersebut, pemerintah membentuk Bank Koperasi Tani dan Nelayan (BKTN) melalui PERPU No. 41 tahun 1960 dengan melebur Bank BRI dan Bank Tani Nelayan dan Nederlandsche Maatschappij (NHM).

Pada tahun 1965 pemerintah melalui Penetapan Presiden (Penpres) No. 9 tahun 1965 mengintegrasikan BKTN ke dalam Bank Indonesia dengan nama Bank Indonesia Urusan Koperasi Tani dsn Nelayan (BIUKTN), dan hanya berjalan satu bulan. Karena pemerintah kembali mengeluarkan Penpres No. 17 tahun 1965 tentang pembentukan bank tunggal dengan nama Bank Negara Indonesia.

Dengan adanya ketentuan tersebut BKTN tidak boleh tidak harus diintegrasikan dengan Bank Indonesia (BI) bagian II bidang rural. Sementara Nederlandsche Maatschappij (NHM) unit II bidang Ekspor impor (EXIM).

Dua tahu kemudian keluar Undang-Undang No. 14 tahun 1967 tentang Undang-undang Pokok Perbankan dan Undang-undang No. 13 tahun 1968 tentang Undang-undang Bank Sentral.

Dengan undang-undang tersebut Bank Indonesia (BI) kembali berfungsi sebagai Bank Sentral dan Bank Negara Indonesia Unit II Bidang Rular menjadi Bank Rakya Indonesia (BRI), dan satu tahu kemudian berdasarkan Undang-undang No. 21 tahun 1968 pemerintah menetapkan kembali tugas-tugas pokok BRI sebagai bank umum.

Sementara Bank Indonesia unit II bidang Ekspor impor dirubah nama ke Bank Ekspor Impor Indonesia (Exim)..

Status BRI dirubah menjadi Perseroan Terbatas (PT) pada tanggal 1 Agustus 1992. Hal tersebut berdasarkan Undang-Undang Perbankan No. 7 tahun 1992 dan Peraturan Pemerintah RI No. 21 tahun 1992.

Pada tahu 2003 resmi menjual sebagian saham Bank BRI, yakni 30%, dimana pada mula seluruh saham tersebut 100% milik pemerintah Indonesia.

Sehingga dengan begitu Bank BRI dibawha naungan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk hingga saat ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diskon Shopee

Jangan ketinggalan promo terbaru dari Shopee terbaru. Shopee Promo Heboh Supermarket Diskon Hingga 88% + Cashback Hingga Voucher Shopee [ 80% OFF ] | Kode Voucher Februari 2020 Nilai 3,9 (1.460).

Ambil kode voucher dan promo Shopee Indonesia terbaru dan nikmati promo gratis ongkir Shopee dan cashback hingga 50% selamanya. Hindari Diskon Palsu Harbolnas 12.12, Ini Tips dari Shopee 12 Des 2019.

Direktur Shopee Indonesia Christin Djuarto menjamin pada aplikasi perusahaannya Promo 12.12, Ini Tips Belanja Online dari Shopee Halaman Diskon yang diberikan Shopee dalam gelaran Birthday Sale 12.12 cukup menggiurkan.

Shopee Tebar Promo Akhir dan Awal Tahun, Ada Cashback 100 Persen

Shopee kembali menebar promo, kali ini promo akhir dan awal tahun. Ada juga ShopeePay Day dengan diskon hingga 80 persen serta 50 persen.

Diskon 70% | Kode Promo Shopee | February 2020 - balbol kupon, Temukan hanya di ShopCoupons! 3 kode promo shopee, voucher shopee, dan diskon Shopee terbaru untuk February 2020.

Be…

Google Play Store

Google Play, sebelumnya dikenal dengan nama Android Market, adalah layanan distribusi "digital" yang dioperasikan dan dikembangkan oleh Google LLC.

Dibuat oleh: GoogleTanggal diluncurkan: 22 Oktober 2008Rilis perdana: 22 Oktober 2008; 11 tahun lalu (sebagai Android Market)Jenis: Distribusi digital, Aplikasi Android storePengembang: Google LLCPlatform: AndroidChrome OS.
Buka aplikasi Play Store
Di perangkat Anda, buka bagian Aplikasi.Ketuk "Google Play Store".Aplikasi akan terbuka dan kalian dapat menelusuri dan menjelajahi semua konten untuk didownload.
Cara Install Play StoreBuka Settings atau pengaturan di smartphone Android kalian.Gulir ke bawah dan pilih "Security".Kemudian aktifkan pilihan "Unknown sources".Langkah lelanjutnya, Anda buka file manager di Android tadi.Lalu pilih "APK Play Store" yang telah kamu download dan install.

Perbarui aplikasi Android secara manual
Buka aplikasi Google Play Store .Klik Menu Aplikasi & game…